Minggu, 14 September 2014

Selubung Hias Kotak Tisue

Kotak Tisuenya sudah dibuat dari kardus bekas,  kali ini giliran membuat selubung hiasnya. Banyak model selubung yang bisa dibuat, banyak warna yang bisa dipadu padankan, warna kombinasi atau warna degradasi tergantung kepada kreasi kita.  Kali ini penulis buat selubung dari mayoritas warna degradasi coklat plus ijo,  teman bilang hasilnya tampak elegan. Di lain waktu  insya Allah penulis  akan membuat dan menulis kreasi lain dengan warna lain. Semoga menginspirasi.



Bahan :
Kain Flanel coklat tua, krem, coklat muda, hijau tua, hijau gelap
Benang
Lem tembak
Manik - manik kuning
list kain silver zigzag kecil

Alat:
Gunting
Glue gun (penembak lem)
penggaris

Langkah-Langkah pembuatannya:
a.Membuat kain selubung kotak 
Ukur kain coklat tua sesuai luas permukaan luar kotak, potong secukupnya.
Dimulai dari arah tepi,tembakkan lem sepanjang sisi kotak  yang akan ditutupi, lengketkan kain.  Tekan pelan-pelan dengan rol agar perlekatan kain ke kotak rata dan rapi. Lakukan  hingga selesai.

Jangan lupa belah kain di bagian tengah ukuran lubang  bagian atas kotak tisue. Caranya letakkan tutup kotak tisue posisi tengadah di atas kain selubungnya , lukis dengan spidol lubang kotak tisue, kemudian lukis garis tengah memanjangnya  pada ujung-unjung lobang lukis segitiga sama kaki yang puncaknya ke garis tengah lobang.  Gunting garis tengah dan garis sgitiga sama kakinya.  kemudian lemkan ke arah dalam tutup kotak.





b.Membuat rangkaian mahkota bunga
Buat pola 1 helai mahkota bunga, gunting pola sesuai bentuknya, letakkan pola di atas kain  kemudian gunting kain sesuai bentuk pola.

Pola mahkota seperti pada gambar di bawah ini:


 Dalam hal ini setiap lapis rangkaian mahkota terdiri dari kombinasi 3 helai mahkota warna krem dan 3 helai warna coklat muda,
Jahit dengan Teknik Jelujur dari ujung tepi  bagian bawah helaian hingga ujung tepi lainnya misalnya yang coklat muda  , lanjutkan menjahitnya ke helaian berikutnya yang warna krem demikian seterusnya diselang selingi warnanya hingga 6 helaian.  Tarik benang sehingga membentuk kerutan mahkota dan atur posisinya agar rapi ketat  dan seimbang ,Jahitkan ujung jahitan yang akhir dengan ujung jahitan yang awal. Lakukan hal yang sama sehingga akhirnya dihasilkan 4 rangkaian mahkota bunga.



c.Membuat daun 
Buat pola daun letakkan di atas kain hijau tua.Gunting kain sesuai bentuk pola , buat sebanyak 4 helai.

Jahit membentuk tulang daun dengan Teknik Tusuk Batang.


d.Membuat sari (tengah rangkaian mahkota)
Gunting kain coklat tua membentuk lingkaran kecil sebagai bagian tengah rangkaian mahkotanya,
lemkan di tengah rangkaian kelopak.  Tembakkan lem di satu sisi manik kuning lekatkan  di atas kain bagian tengah rangkaian mahkota. Untuk satu sari rangkaian mahkota  buat 3 manik-manik.
Lakukan hal yang sama membuat sari (bagian tengah)  untuk satu rangkaian lagi.  Nantinya rangkaian mahkota yang sudah diberi sari akan diposisikan pada lapisan atas.

Tembakkan lem di bagian atas tengah mahkota polos , lengketkan mahkota yang sudah diberi sari tadi dengan posisi kombinasi warna selang seling diantara kedua lapis rangkaian mahkota tersebut , mislanya mahkoat crem di mahkota atas dilekatkan posisinya pada mahkota coklat , demikian sebaliknya.  Lakukan hal yang sama pada dua rangkaian mahkota lainnya sehingga dihasilkan 2 rangkaian tumpukan mahkota yang siap pakai.

e.Memasang  daun  dan mahkota siap pakai pada tutup kotak.
Tembakkan lem pada bagian bawah daun tetapi tidak secara menyeluruh hanya pada bagian-bagian tertentu saja agar tidak terlalu kaku  kesannya.  Tempelkan dua daun di atas bagian tepi ujung tutup kotak dengan membentuk pola huruf V menghadap ke arah tepi kotak. Lakukan hal yang sama untuk sepasang daun lainnya di ujung kotak lainnya.

Tembakkan lem di bawah rangkaian tumpukan mahkota  lengketkan di atas bagian tengah pertemuan pangkal daun. Tekan pelan-pelan agar lengket sempurna.
Lakukan hal yang sama untuk rangkaian mahkota satunya lagi diujung satunya lagi.


f.Memasang kain list warna silver
Ambil kain List warna silver tembakkan lem pada sisi dalamnya tempelkan ke setiap rusuk luar tutup kotak. Lakukan  hal yang sama untuk sisi - sisi luar lain tutup kotak tisue.

g.Memasang list kombinasi hijau gelap di sisi bawah kotak
Potong kain hijau gelap sepanjang sisi kotak tisue sepanjang sisi kotak selebar  3 cm. Untuk sisi panjang buat pola ukirnya. Pola dibuat ukurannya 1/2 panjang sisi kotak tisue.

Setiap kain kombinasi lipat dua, letakkan pola di atasnya,  gunting sesuai bentuk pola, lalu kembangkan, hasilnya seperti pada gambar ini

Lakukan hal yang sama untuk kain kombinasi sisi panjang kotak yang satu lagi.


Tembakkan lem pada bagian dalam kainnya tempelkan di bagian bawah kotak. Untuk sisi lebar kotak kain kombinasi hijau gelapnya dibiarkan polos, tembakkan lem dan lengketkan di posisi bawahnya sejajar dengan posisi kombinasi  sisi panjang..


Taraaaaa, kotak tisue anda kereen elegan..nggak ragu untuk dipakai di ruang cowok ataupun  cewek 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar