Jumat, 08 Agustus 2014

Pot Bunga Trapesium dari Bahan Kardus Bekas

Masih ada sisa kardus bekas wadah makanan ringan yang kemaren, masih bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna seperti Pot Trapesium   yang sangat cocok untuk pas bunga.  Selain fungsi itu Pot Trapesium bisa juga digunakan untuk wadah HP atau pernak-pernik lainnya yang biasa di atas meja kerja, meja belajar, atau meja rias. jangan kuatir dan beranggapan Pot Trapesium ini bakalan nggak kuat. Pot Trapesium ini bisa kokoh meskipun dibuat dari kardus bekas yang ketebalannya sedang.... Hehehe yuk kita buat ...

Gambar Pot Trapesium di bawah ini sudah diberi selubung:
Bahan :
Kardus bekas wadah makanan ringan
Lem tembak   atau bisa juga lem kertas berdaya rekat tinggi
Lakban lebar bening

Alat:
Spidol/pensil/pulpen
Penggaris
Gunting
Lem Kertas daya rekat tinggi

Langkah-langkah membuat:
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat Pot Trapesium , diantaranya adalah sebagai berikut:

1.Buat gambar tidak terlalu pas ke tepi kardus  supaya ada nantinya untuk bahan lidah  sekitar 1,5 cm lidah kiri dan 1,5 cm untuk lidah kanan ,   3 cm untuk lidah bawah /dasar pot.

2.Buat gambar persegi panjang =10 cm,  lebar (A ke B)=12 cm,  tarik garis dari titik A ke titik A' =1,5 cm
Demikian juga halnya tarik garis dari titik B ke B' =1,5 cm

3.Tarik garis putus-putus dari C' ke C = 1cm,   tarik garis putus-putus dari D' ke D =1 cm,   Buat garis dari
A ke C    kemudian buat garis dari B ke D.  Tarik titik dari C' ke X 1/2 cm
demikian juga dari titik D' ke X'=1/2 cm.

4.Tarik garis dari A ke X   ,  kemudian tarik garis dari B ke X' .Buat lidah bawah pot masing-masing dari C ke bawah dan dari D ke bawah =3 cm,  seperti pada gambar di bawah ini:
5.Tarik garis putus-putus dari A-C,   B-D,  C-D seperti pada gambar di atas ditandai dengan garis putus-putus merah.Menggunakan ujung gunting, buat guratan di daerah garis putus-putus merah,  tekuk sehingga lidah - lidah terkesan tidak sebidang lagi  dengan daerah berbentuk trapesiumnya.
Buat dengan cara yang sama dengan langkah 1 s/d 5  hingga  sebanyak 4 lembar yang berfungsi sebagai sisi kiri-kanan, muka-belakang Pot Trapesium.

6.Gurat-gurat permukaan luar lidah yang akan dilem hingga permukaannya lecet/tergores.  Guna membuat goretan luka di permukaan luar setiap lidah adalah agar dihasilkan daya perekatan yang kuat. Tembakkan lem atau oleskan lem kertas secara merata di dua lidah yang akan dilekatkan menjadi satu, lekatkan lidah-lidah tersebut,  tekan-tekan tahan  rata dari ujung ke ujung agar lidah-lidah merekat kuat, tunggu 2-3 menit,  kemudian lakukan hal yang sama untuk lidah-lidah lainnya yang berdekatan hingga dihasilkan bentuk Pot Trapesium.

7.Tekuk lidah bawah/dasar  pot pada daerah yang ditandai garis putus-putus merah bagian bawah seperti pada gambar di bawah ini.  Gunting Kardus 10 cm x 10 cm untuk alasnya.Jika tadinya pengukuran -pengukuran bawah setiap lembar trapesium dilakukan pas/tepat masing-masingnya 10 cm, maka alas yang dibutuhkan juga pas/tepat 10 cm  x 10cm.   Jika ada perubahan maka ukur saja alas yang diperlukan untuk alasnya dan gunting.

8.Balikkan posisi bawah pot menjadi di atas, tembakkan lem atau olesi lem kertas merata di semua lidah bawah bagian luar pot.  Secepatnya lekatkan kardus alasnya hingga tepat menutupi semua lidah ,rapikan agar merata dari sudut ke sudut sehingga tidak ada lidah yang keluar dari alas.  Balikkan kembali Pot Trapesiumnya ,tekan-tekan tahan merata dari setiap sisi alas agar lidah-lidah bawah melekat ke kardus alas/dasar dengan kuat.  Sisihkan

9. Untuk mengokohkan Pot Trapesium, lengketkan lidah-lidah bagian dalam pot menggunakan lakban, tekan-tekan tahan merata dari ujung ke ujungnya  agar melekat kuat seperti lekatan permanen.  Lakukan pelekatan lidah bagian dalam pot yang lain dengan cara yang sama.  Hasilnya Pot Trapesium dari bahan kardus bekas wadah makanan ringan yang cukup kokoh.  Selesai.....  Gampang dan mudah khan?
Finishing dengan proses pembuatan selubung hias potnya agar ciamik, cantik dan sekaligus sebagai penghias ruangan.

Pot Trapesium dilihat dari atas
Jika sahabat online ingin membuat wadah berbentuk trapesium yang lebih besar maka tinggal memperbesar ukurannya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar