Senin, 04 Agustus 2014

Membuat kotak Tisue dari kardus bekas

Kotak Tisue terbuat dari plastik , dari karton  tebal dan juga dapat dibuat sendiri dari bahan kardus bekas. Kardus bekas wadah makanan ringan dapat dijadikan pilihan bahan untuk membuat kotak tisue, karena mudah mengerjakannya sebab tidak terlalu tebal.

Kotak Tisue dari kardus bekas


Bahan yang diperlukan:
kardus bekas wadah paket makanan ringan
Lem tembak

Alat yang diperlukan:
Gunting
Penggaris /pengukur
Penembak lem/ Glue Gun  atau boleh lem kertas  fox
Pensil/pen

Langkah-langkah pembuatannya:
Kotak tisue yang akan dibuat adalah untuk tisue 250 sheets
1. Gunting satu lipatan kardus , kembangkan kardus letakkan di atas meja/lantai.  Manfaatkan kardus seefisien mungkin.  Posisikan bagian kardus yang akan dijadikan bahan seefisien mungkin karena mungkin saja sisa penggunaan bahan masih bisa digunakan untuk pembuatan benda bentuk lain yang berguna misalnya untuk membuat pot bunga atau wadah HP maupun pernak pernik lainnya.

2.Buat gambar pola  jaring-jaring balok juga beserta lidah jaring-jaringnya di atas kardus (lihat gambar pola di nawah) . Lidah jaring-jaring gunanya  untuk perlekatan suatu sisi terhadap sisi lainnya , ukuiran lidah jaringnya  kira-kira 2cm.

Kotak tisue  terdiri dari 2 jaring-jaring balok yang masing-masing salah satu bagian jaring-jaring nya untuk tutup kotak (bagian atas kotak tisue) dan satunya lagi untuk bagian bawah kotak tisue.



3.Gunting kardus sesuai ukuran di pola.
4.Pada lokasi garis merah putus-putus buat guratan menggunakan ujung gunting untuk tempat tekukan  kardus nantinya.  Tekuk kardusnya tembakkan lem di lidah jaring-jaringnya rekatkan ke sisi
lain terdekatnya, lakukan hal yang sama terhadap lidah jaring-jaring lainnya.

5.membuat  bagian atas kotak tisue  buat ukuran panjang dan ukuran lebarnya di +1 cm dari ukuran bagian bawah kotak . yaitu panjang 24 cm  dan lebar 13 cm, dengan tinggi sisi samping 3,5 cm 6.Gunting kardus sesuai ukuran di pola, Buat lubang memanjang 13 cm ditengah untuk lubang tarik keluar tisue.
7.Gurat dengan gunting pada garis putus-putus merah agar kardus mudah diteku. Tekuk kardusnya  di daerah yang dilambangkan garis putus-putus merah. Oleskan/tembakkan lem di lidah jaring-jaring kemudian rekatkan ke sisi terdekatnya.  Lakukan hal yang sama untuk lidah jaring-jaring  lainnya, sehingga menghasilkan tutup kotak.

 Kotak Tisue kapasitas 250 sheet sudah selesai, pekerjaan selanjutnya menghias kotak tisue dengan berbagai cara, sesuai kreasi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar