Selasa, 22 Juli 2014

Selubung Hias Wadah

Lebaran bentar lagi waduh ibu-ibu dah pada mulai sibuk bikin-bikin kue, beraneka ragam kue-kue kering dibuat dengan suka cita meskipun lelah dan ada ibu-ibu yang mengaku mengantuk bikin kue sehabis berbuka puasa sehingga masakannya hangus, hehehe lucu juga pengakuannya.
Ada yang biasanya tak luput dari perhatian ibu-ibu yaitu kemolekan wadah tempat sajian kue di rumah di ruang tamu.  Buat menghemat pengeluaran bisa juga menghias selubung wadah kue sendiri, mudah , murah dan gampang. Banyak kreasi bentuk dan paduan warna warni yang bisa dibuat. Di sini penulis postingkan contoh kreasinya. Semoga terinspirasi

Selubung Hias Wadah Kue
Bahan yang digunakan:
Kain Flanel Biru tua dan orange
Lem tembak(glue gun)
Benang biru
Kain list emas
Manik-manik coklat gold

Alat yang digunakan:
Gunting
Kertas pola
Alat Penembak Lem
pensil
Jarum tangan
Jarum pentul


Cara membuat dompet pensil:
1)Taruh tutup wadah di atas kain biru, ciplak bentuk nya dengan bantuan pinsil. Lakukan hal yang sama dengan alas wadah.   Ukur tinggi wadah dan kelilingnya.
2)Gunting kain sesuai ukuran yang telah diciplak dan dibuat.
3)Lem semua kain dasar selubung wadah dengan lem tembak,  tekan-tekan agar kain lengket dengan rapi dan kuat.
4) Gambar  motif bunga di atas kertas , ukuran mahkota bawah(warna orange)  lebih besar daripada ukuran mahkota atas(biru). Gunting masing-masing pola.
Untuk membuat mahkota bawah(orange) letakkan pola di atas kain gunting kain sesuai bentuk pola. lakukan hal yang sama hingga dihasilkan 3 mahkot lapisan bawah, sisihkan.

Untuk membuat mahkota atas (biru) gambar lagi  hanya 1 contoh keping mahkota dari masing-masing ukuran di kekrta. Gunting gambarnya  letakkan di atas kain ,gunting setiap kepingan mahkota sendiri-sendiri .  Untuk satu kuntum terdiri dari 5 .
 Jahit tangan dengan teknik jelujur pada bagian pangkal mahkota hingga sambung menyambung menjadi satu buat   terdiri dari 5 mahkota setiap lapisannya.. Tarik ujung yang terakhir pertemukan dengan ujungawal  mahkota, ketatkan seperti membentuk gelang sempit. lakukan hal yang sama sehingga hasilnya 3 lapisan mahkota atas.

Tembakkan lem di bagian tengah mahkota lapisan bawah (orange), lekatkan dibagian luar tutup wadah.  Tembakkan lem di bagian bawah lapisan mahkota atas(biru) lekatkan di atas lapisan mahkota bawah(orange) tadi.   Gunting kain flanel orange membentuk bulatan kecil, lem dan lekatkan di bagian tengak lapisan atas(biru).  Lakukan demikian terhadap 2 kuntum lainnya.

Ambil kain list warna emas , tembakkan lem di sepanjang bagian dalamnya lekatkan di bagian sambungan kain selubung wadah, tekan pelan-pelan agar lengket kuat. Lakukan demikian sehingga semua sambungan kain selubung wadah ditutupi kain list.

Ambil manik-manik kecil, lem bagian tengah kuntum lekatkan maniknya. 
Selesai. Wadah kue anda tampil cantik dan bersemangat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar