Sabtu, 02 Agustus 2014

Pot ATK dari kaleng bekas minuman

Limbah kaleng minuman dapat digunakan menjadi berbagai barang yang berguna, seperti yang penulis bikin menjadi pot ATK tempat pen pensil, gunting , penggaris dll.
.
Bahan:
Nama Bahan
Jumlah/Ukuran
Kaleng bekas minuman ----------------------------------------------
1b
Kain Flanel Coklat sedang ------------------------------------------
P= 21,5 cm,  L= 9,5 cm
Kain Flanel hijau muda (untuk  kombinasi atas)-------------------
P= 21,5 cm ,  L= 3 cm
Kain Flanel hijau muda (untuk  kombinasi bawah)----------------
P=21,5 cm ,  L= 1,5 cm
Kain Flanel coklat terang(untuk lapisan bawah sayap kupu-----
P=10 cm,  L= 5 cm
Kain Flanel orange   (untuk lapisan atas sayap kupu-kupu)-----
P=7 cm,  L=5 cm
Kain Flanel merah hati (untuk badan kupu-kupu)-----------------
P= 5 cm ,  L=1,3cm
Benang Merah hati cincang ----------------------------------------
secukupnya
Kain Flanel kuning  kunyit untuk motif sayap atas ---------------
P=6 cm,  L=1 cm
Kain Flanel kuning terang untuk motif sayap atas----------------
P=2,5  L=0,8 cm
Lem tembak ----------------------------------------------------------
secukupnya
Kertas Kardus (untuk alas pot)-------------------------------------
P=9,5 cm,  L=9,5 cm
Kain Flanel Coklat sedang untuk selubung alas pot--------------
P= 10 cm,  L= 10 cm

Langkah-langkah membuatnya:
1.Gunting buang tutup kaleng bagian atas yang berlubang, tokok-tokok  rata pinggiran sebelah dalamnya agar tidak tajam dan mulut lubang maksimal bisa digunakan nantinya.

2.Gunting kain flanel untuk badan kaleng sesuai ukuran yang dibutuhkan dalam hal ini seperti ukuran yang tertera di atas. Untuk ukuran kaleng lain yang lebih kecil atau mungkin lebih besar, sesuaikan ukuran kain Flanelnya.Untuk kombinasi atas gunting-gunting cacah sisi kain bagian ke arah dalam kaleng agar mudah dan rapi nantinya ketika dilemkan.  Untuk kombinasi bawah cacah sisi kain bagian arah bawah kaleng agar mudah dan rapi nantinya ketika dilemkan.

3.Lemkan kain kombinasi atas , kemudian lemkan kain bagian yang dibawahnya(coklat-besar) perhatikan posisi  kain tetap pada sisi yang sama dengan sambungan kain kombionasi atas. Lemkan kain kombinasi bawah.


4.Buat  garis simetris dan garis diagonal pada kertas kardus, lukis permukaan bulat pada setiap perempat bagian dengan puncaknya diujung masing-masing garis diagonal. Letakkan kertas kardus yang sudah dibentuk di atas kain selubung alas. Gunting kain sesuai bentuk ukuran kardusnya. 

5.Lemkan kain ke kardus dan biarkan mengering
Tembakkan lem sekeliling di sisi alas kain kombinasi bawah kaleng , rekatkan ke alas pot yang sudah siap dibuat pada langkah 4. Usahakan kaleng direkatkan tepat posisinya di tengah alas agar seimbang letaknya sehingga manfaat alas pot menjadi maksimal untuk menjaga keseimbangan pot ketika digunakan.

6.Untuk membuat assesoris kupu-kupu .
Buat pola 1/2 sayap besar kupu-kupu di kertas sesuai ukuran kain untuk sayap dan gunting, Lipat dua kai sayap bawah letakkan pada kain (coklat terang) jika perlu semat dengan jarum pentul agar tidak bergeser, gunting kain sesuai bentuk pola atau modifikasi sendiri lagi jika ingin berkreasi sendiri, setelah itu jahit kelilingnya dengan teknik Tusuk Feston. Lemkan sayap bawah di badan pot tapi tidak keseluruhan permukaan sayapnya  cukup 1/2 bagian sayap secara vertikal saja.   




7.Dalam hal cara membuat sayap lapisan atas(orange) demikian juga caranya , setelah selesai digunting maka belah dua sayap dan jahit juga keliling sayap menggunakan teknik Tusuk Feston kecuali permukaan yang ke arah badan kupu-kupu. Lekatkan sayap orange agak ke dalam tepi badannya. Buat badan kupu-kupu yang bewarna merah hati , jahit kelilingnya menggunakan teknik Tusuk Feston.Lemkan lapisan badan kupu-kupu pada posisinya teratas.
Gunting kain motif sayap atas , lemkan di posisinya masing-masing.  Gunting kain merah hati untuk membuat sungut kupu-kupu, gunting sisa kain sayap bawah seukuran kepala kupu-kupu. Lemkan sungut diantara kain sayap bwah dengan kain lapis bawah kepala.
Selesai , Pot ATK darki kaleng bekas minum  nan unik ,standby untuk digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar